Begini Cara Mengetahui Lokasi Teman Chat Di WhatsApp


Pernah berbohong mengaku berada ditempat A padahal sedang berada di tempat B? Nah sekarang anda tidak bisa berbohong lagi saat melakukan perbincangan (chat) menggunakan aplikasi WhatsApp karena baru - baru ini WhatsApp secara resmi merilis fitur pantau lokasi (live location). Melalui fitur ini, lawan bicara dapat mengetahui posisi kita demikian juga kita bisa mengetahui posisi tempat lawan bicara.
Untuk bisa memanfaatkan fitur terbaru WhatsApp ini kita harus melakukan update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di Google Play. Selanjutnya fitur "live location"  akan ditemukan pada bagian "attachment" tempat pengguna biasanya berbagi foto, dokumen, dan lain - lain.

Untuk menggunakan fitur pantau lokasi atau live location, pengguna harus membuka terlebih dahulu fitur location (lokasi). Di fitur itu kita akan menemukan pilihan terbaru yaitu "share live location" atau "bagikan lokasi terkini".

Untuk menggunakan fitur terbaru ini, pengguna tinggal mengklik "bagikan lokasi terkini" kemudian pengguna akan memilih berapa lama fitur live location tersebut dapat diakses lawan bicara dengan pilihan 15 menit, satu jam dan delapan jam.

Ketika live location muncul dilayar chat, lawan bicara hanya tinggal mengklik untuk mengetahui posisi pengguna. Tidak hanya itu, pergerakan lokasi pengguna juga akan dapat terpantau terus oleh lawan bicara selama waktu yang telah dipilih sebelumnya.

Fitur terbaru WhatsApp ini hampir sama seperti yang dirilis oleh Telegram beberapa hari sbelumnya. Selain bisa memantau lokasi yang bersifat pribadi, fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk memantau lokasi anggota group sehingga pergerakan anggotanya dapat diketahui hanya pada satu peta. Dengan demikian, setiap anggota group bisa saling memantau pergerakan anggota group lainnya.

Untuk mencoba fitur ini, silahkan ikuti langkah berikut ini :

1. Buka salah satu chat di WhatsApp bisa group atau individu yang akan dibagikan Live location kita

2. Klik atau sentuh file attachment berupa tanda paper clip yang terdapat dipojok kanan untuk mengetik pesan
3. Ketika tampilan file attachment muncul, akan ada jenis yang bisa kita bagikan, mulai dari foto, video dan lainnya, silahkan klik atau sentuh "Location / Lokasi"
4. Pada aplikasi WhatsApp terbaru, pada fitur ini akan muncul "Share Live Location/Bagikan Lokasi Terkini" di fungsi "Send Location" yang sudah ada.
5. Kita bisa mengatur berapa lama kita berbagi lokasi secara real time mulai dari 15 menit, satu jam atau mungkin seharian.
6. Untuk menghentikan "berbagi lokasi" kita dapat menekan tombol "Stop Sharing"
7. Dalam group chat, fitur ini juga bisa digunakan oleh seluruh anggota group untuk membagikan lokasi mereka didalam sebuah peta.

Untuk sebagian orang, mungkin fitur terbaru ini akan sangat berguna. Dengan fitur ini, kita bisa berjumpa dengan lawan bicara dengan mudah karena dapat mengetahui lokasinya dengan cepat. Namun bagi mereka yang membutuhkan privasi, fitur ini rasanya cukup mengganggu. Terlebih pertanyaan tentang dimana lokasi kita akan lebih sering muncul. Namun baiknya, kita tidak bisa lagi berbohong tentang lokasi dimana kita berada. 

Referensi :
https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-3691219/begini-cara-pantau-lokasi-teman-di-whatsapp

No comments:

Post a Comment