Program Beasiswa Bidikmisi Kemristek Dikti

Tidak jarang terdapat siswa berprestasi namun tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena terkendala biaya. Maka untuk membantu siswa tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) membuka program beasiswa yang disebut Program Bidikmisi. Program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat miskin dalam rangka memutus rantai kemiskinan. 


Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari Kemristekdikti yang memberikan fasilitas pembebasan biaya pendidikan dan subsidi biaya hidup. Bidikmisi diberikan kepada penerima selama 8 (delapan) semester untuk S1/D4, 6 (enam) semester untuk D3 dan 4 (empat) semester untuk D2. Besaran biaya hidup yang diberikan serendah-rendahnya Rp 650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan dan diberikan setiap 6 (enam) bulan. Adapun biaya pendidikan mencakup semua biaya yang dibayarkan ke perguruan tinggi untuk kepentingan pendidikan.



Secara lebih lengkap, fasilitas yang akan diberikan kepada penerima beasiswa Bidikmisi adalah sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk untuk SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi. 
  2. Penangguhan biaya pendaftaran ulang di masing-masing perguruan tinggi. 
  3. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 
  4. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi. 
  5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) yang dibayarkan setiap 6 (enam) bulan


Program beasiswa Bidikmisi Kemristekdikti ini dapat diikuti oleh peserta didik yang miskin namun memiliki potensi akademik baik. Persyaratan lain dari calon penerima beasiswa Bidikmisi 2018 adalah sebagai berikut :



1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2018 dan 2017; 

2. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi; 
3. Usia paling tinggi pada saat diterima di perguruan tinggi adalah 21 tahun; 
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: 

  • Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; 
  • Pendapatan kotor orang tua/wali gabungan (suami + istri) setinggi-tingginya Rp 4.000.000,00 (Empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). 

5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4; 
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu di antara PTN atau PTS dengan ketentuan: 
  • PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi Mandiri PTN. 
  • Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya; 
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk


Kuota penerima beasiswa Bidikmisi tahun ajaran baru 2018/2019 ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 90.000 (sembilan puluh ribu) orang atau meningkat 10.000 dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, terdapat 520.688 peminat beasiswa Bidikmisi, namun pemerintah hanya mampu mengakomodir sebanyak 80.000 orang. Maka agar tidak tertinggal dengan pendaftar lain, silahkan segera daftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi dengan jadwal sebagai berikut :





Untuk Petunjuk Teknis / Pedoman Bidikmisi 2018, silahkan dowload pada link di bawah ini :



Untuk informasi secara lengkap mengenai prosedur atau tata cara / mekanisme pendaftaran silahkan kunjungi laman Bidikmisi Kemristekdikti yaitu :



Demikian informasi mengenai beasiswa Bidikmisi Kemristekdikti. Jika bermanfaat silahkan bagikan kepada siswa atau siapapun yang membutuhkan informasi ini. 


1 comment:

  1. judi permainan ayam buat pecinta ayam jago se indonesia
    Bonus Deposit Pertama 10% / Cashback 5% - 10%
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete