Salah Satu Sungai Terindah Di Dunia, Cano Cristales

Karena keindahnnya, maka tak heran Sungai Cano Cristales dinobatkan sebagai salah satu sungai terindah di dunia. Pada musim tertentu, sungai ini memunculkan berbagai warna-warna indah seperti merah, hitam, biru, hijau dan kuning. Oleh karenanya sungai yang berada di Serrania de la Macarena, Provinsi Meta, Kolombia ini mendapat julukan "Sungai Lima Warna", "Pelangi Cair" atau bahkan "Sungai Maha Indah Di Dunia".

Berikut beberapa foto yang menyajikan tentang keindahan  Cano Cristales :
Air jernih di sebabkan karena sungai ini kekurangan nutrisi

Warna merah disebabkan oleh tumbuhan air dari spesies Macarenia clavigera





Ternyata warna - warna indah yang terdapat pada sungai tersebut berasal dari tumbuhan air endemik yang hanya ada di Kolombia. Tumbuhan ini bisa berubah warna dari hijau menjadi merah saat kondisi air dan sinar matahari pada tingkat tertentu. Berikut beberapa fakta tentang Cano Cristales :
  • Air yang ada di sungai Cano Cristales mengalir deras dengan adanya air terjun dan jeram serta banyak pula memiliki kolam
  • Tidak terdapat ikan di Cano Cristales dan berada di daerah pegunungan
  • Panjang sungai Cano Cristales adalah 100 kilometer (62 mil) dan terletak di Taman Nasional Serrania de la Macarena
  • Warna merah Cano Cristales berasal dari tumbuhan air endemik spesies Macarenia clavigera yang b isa berubah warna dari saat kondisi matahari pada tingkat tertentu
  • Cano Cristales berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Ceret Kaca atau Kristal
  • Waktu terbaik mengunjungi Cano Cristales adalah akhir bulan Juli sampai Desember karena warna - warna indah di sungai ini mencapai puncaknya
  • Tahun 1989 sampai dengan 2008 para pengunjung tidak bisa berkunjung ke tempat ini karena dijadikan tempat perang gerilya.
  • Untuk bisa mengunjungi Cano Cristales bisa melalui dua jalur yaitu pertama dari Villavicencio dengan menggunakan pesawat Kargo DC-3 yang kluar setiap hari atau kedua dari Bogota dengan penerbangan setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu.
  • Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung harus di dampingi oleh pemandu maka disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. 

Demikian informasi tentang sungai terindah di dunia. Semoga bermanfaat.

Referensi / sumber  :
en.wikipedia.org
tenrandomfacts.com
gambar dari pencarian google.com

No comments:

Post a Comment