3 Sepeda Terpanjang Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia

Pernah naik sepeda tandem? Apakah menurut  anda sepeda yang biasa dikemudikan lebih dari satu orang ini adalah sepeda terpanjang yang pernah ada. Bisa jadi jawaban anda benar. Tapi bukan sepeda tandem yang hanya terdiri dari dua atau tiga penumpang saja dan dengan panjang tidak lebih dari lima meter. Sepeda terpanjang di dunia saat ini bisa mengangkut lebih banyak penumpang dengan panjang yang tentunya diluar perkiraan anda. 

Berikut tiga sepeda terpanjang di dunia yang pernah ada :

1. Sepeda buatan Hayamas, Kediri (44 kaki /13.4 meter)


Sepeda buatan paguyuban sepeda kuno Hayamas di Desa Blawe, Purwoasri, Kediri ini pernah diharapkan menjadi sepeda terpanjang di dunia walau pada kenyataannya belum bisa masuk Museum Rekor Indonesia atau MURI. Sepeda dengan panjang 13,4 meter ini dibuat dengan pipa - pipa besi yang di las dengan mengadopsi sepeda klasik. Sepeda ini dikemudikan oleh dua orang dengan satu orang di depan sebagai pengemudi dan satu orang di belakang yang mengayuhnya. 

Modifikasi yang dilakukan sepeda ini sebetulnya cukup sederhana yaitu dengan memotong sepeda onthel biasa menjadi dua bagian yang kemudian dihubungkan kembali dengan pipa - pipa besi sehingga menjadi lebih panjang.

2. Sepeda Mijl Van Mares Werkploeg (117 kaki 5 inchi)

Sepeda buatan organisasi Mijl Mares Werkploeg ini pernah dinobatkan sebagai sepeda terpanjang di dunia oleh Guinness World Records pada Agustus 2011 dengan panjang 117 kaki 5 inci atau 35,75 meter.

Rangka sepeda ini dibuat dari rangka alumunium (seperti yang biasa digunakan pada pencahayaan panggung) untuk menghubungkan kepala sepeda dengan ekornya. 

Karena sepeda ini tidak memiliki penahan agar tidak roboh, maka roda belakang menggunakan roda dengan ukuran yang lebih lebar agar sepeda bisa tetap berdiri. Menurut Frank Pelt, ketua organisasi Mijl Mares Werkploeg, sangat mudah untuk mengendari sepeda terpanjang ini. Satu - satunya kesulitan yaitu hanya ketika akan berbelok. 

3. Sepeda buatan Santos dan University of South Australia (135 kaki 10,7 inchi)

Sepeda ini dinobatkan sebagai sepeda terpanjang di dunia pada Januari 2015 memecahkan rekor sebelumnya dari sepeda buatan organisasi Mijl Mares Werkploeg. Sepeda dengan panjang 135 kaki 10,7 inchi atau 41,42 meter ini diujicoba di Adelaide, Australia dengan menempuh jarak 100 meter untuk membuktikan bahwa sepeda dapat dikendarai tanpa penahan (stabilisator). 


Sepeda terpanjang ini dapat dikendarai oleh 20 orang pengendara dengan satu orang di depan sebagai pengemudi, dan pengendara lain bertugas untuk mengayuh sepeda.

Untuk melihat videonya, silahkan klik di bawah ini :



No comments:

Post a Comment