Cara Membuat Formulir Upload File atau Gambar Di Blog Dengan Mudah

Contoh Formulir Upload
 

Cara membuat formulir Upload File atau Gambar di blog dengan mudah pada tulisan ini yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh google formulir (Google Drive). 

Awalnya saya termasuk orang yang masih bingung tentang bagaimana cara menambahkan tombol upload file atau gambar agar kita bisa mengumpulkan file atau gambar yang kita kehendaki. 

Tombol Upload File ini akan sangat membantu pekerjaan saya sebagai guru saat meminta tagihan tugas dari siswa. Siswa dapat mengirimkan file atau gambar yang saya tugaskan tanpa harus direpotkan dengan biaya print misalnya.

Sebelumnya saya mempelajari beberapa tulisan di internet tentang cara menambahkan formulir upload file. Kebanyakan tulisan tersebut membahasnya dengan cara menggunakan HTML atau berbagai bahasa pemograman lainnya yang jujur saja saya tidak memiliki kompetensi pada bidang tersebut. 

Saya butuh yang praktis dan tinggal pakai. Untung saja sekarang ada fasilitas terbaru dari google formulir yang ada di google drive. 

Dengan adanya fasilitas ini saya dapat dengan mudah membuat formulir upload file atau gambar untuk disisipkan di blog yang saya kelola. 

Saya sengaja membagikan tulisan ini buat rekan lain yang masih pemula seperti saya agar bisa membuat formulir upload file atau gambar untuk membantu tugas atau untuk kepentingan lainnya. Menurut saya fasilitas yang diberikan google ini sangat membantu. 

Berikut langkah - langkah membuat formulir upload file atau gambar dengan mudah melalui google formulir. Untuk dapat membuat Formulir Upload File atau Gambar, silahkan ikuti langkah berikut ini tahap demi tahap : 

1. Langkah 1 : 
Silahkan login /masuk ke google drive 

2. Langkah 2 : 
Pilih menu "BARU" kemudian "Lainnya" dan pilih "Google Formulir" seperti gambar di bawah : 
Tampilan menggunakan PC / laptop


3. Langkah 3 : 
Ganti tulisan "Formulir tanpa judul" seperti gambar dibawah dengan judul yang dikehendaki, begitu juga dengan pertanyaan yang diinginkan 

Ganti tulisan yang dilingkari sesuai keinginan


4. Langkah 4 : 
Tulisan "Formulir tanpa judul" di atas misal kita ganti dengan "Lomba Foto Hari Ibu", selanjutnya pertanyaan saya ganti dengan "Nama" kemudian klik tanda plus seperti gambar di atas untuk menambah pertanyaan. 

Untuk pertanyaan kedua saya ganti dengan kata "Upload Foto Terbaik Bersama Ibu" kemudian klik pilihan tipe pertanyaan berupa "Upload file" seperti gambar di bawah ini : 



5. Langkah 5 : 
Hasil file yang diupload akan masuk ke google drive yang kita miliki. Untuk itu klik "LANJUTKAN" seperti gambar dibawah ini :
 


6. Langkah 6 : 
Untuk menentukan file tertentu saja yang ingin kita kumpulkan, beri tanda centang pada beberapa pilihan yang ada pada menu "Izinkan hanya jenis file tertentu" seperti gambar di bawah ini : 


7. Langkah 7 : Untuk melihat hasil formulir upload file atau gambar yang sudah dibuat, silahkan klik pratinjau (tanda mata). Contoh hasil yang dibuat seperti gambar dibawah :
 


Jika sudah berhasil membuat formulir upload file atau gambar, silahkan tambahkan pada posting tulisan di blog. Untuk menambahkan formulir tersebut tidak bisa disisipkan, namun hanya bisa memberikan tautannya saja. 

Contoh hasil membuat link ke formulir upload file atau gambar yang sudah dibuat di atas adalah sebagai berikut : 




Demikian cara mudah dan sederhana membuat formulir upload file atau gambar dengan memanfaatkan fasilitas google formulir. Untuk pertanyaan silahkan kita diskusikan di kolom komentar. 

Untuk bisa berhasil, lakukan langkah di atas secara hati - hati. Selamat mencoba. 

Semoga bermanfaat ...

5 comments: