Kisi - Kisi Soal USBN IPS Tahun Ajaran 2017 / 2018



Gambar ilustrasi diambil dari pencarian gambar google
Berikut ini adalah kisi - kisi soal - soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tahun ajaran 2017 / 2018. Kisi - kisi USBN ini selanjutnya akan dijadika acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Sandar Isi (SI) dan kurikulum yang berlaku.

Selain bermanfaat untuk para pembuat soal pada tingkat kabupaten / kota dalam proses penyusunan soal, kisi - kisi ini juga dapat berguna bagi siswa  yang akan menjadi peserta USBN nanti dalam memprediksi soal - soal yang mungkin akan diterima. Materi yang dipelajari akan lebih spesifik pada soal - soal yang sesuai dengan kisi - kisi tersebut.

Kisi - kisi USBN ini dibagi menjadi dua, yaitu untuk kurikulum 2013 dan KTSP.  Untuk kurikulum 2013, berikut kisi - kisi USBN SMP / MTs Tahun ajaran 2017 / 2018 :


Atau download Kisi USBN IPS Kurikulum 2013 sebagai berikut :


Sedangkan untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006, berikut kisi - kisinya :

Atau download Kisi USBN IPS KTSP sebagai berikut :


Dari kisi - kisi di atas, dapat diketahui bahwa soal USBN yang akan digunakan menggunakan level kognitif hingga penalaran atau jenis soal HOTS (Higher Order of Thinking Skill) walaupun proporsinya masih sedikit dibanding level yang lain. Ini berarti bahwa penyusun soal harus mampu membuat soal tipe tersebut sesuai kaidah penyusunan soal yang berlaku dengan memperhatikan validitas dan reliabilitas soal yang dibuat. Demikian pula dengan siswa harus bisa memahami suatu materi secara lebih mendalam.

Untuk membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN IPS sesuai kisi - kisi di atas, berikut ini adalah beberapa rangkuman materi yang mungkin bisa dipelajari. Silahkan kunjungi tautan dibawah ini:


Selanjutnya, para calon peserta USBN juga harus banyak berlatih soal - soal yang mungkin nanti dihadapi. Silahkan pelajari soal - soal USBN tahun sebelumnya atau bisa juga dengan mencoba soal latihan yang disediakan secara online.

1 comment:

  1. Alhamdulillah berkat doa dan petunjuk dari allah, saya di beri petunjuk membuka situs di bawah ini, sekarang saya sudah dapat solusi dari masalah pemberkasan saya teman teman,
    Alamat situs terpercaya :
    Bocoran testimoni honorer jadi PNS

    http://rahasia-sukses-jadi-pns.blogspot.co.id

    Profil bpk DR HERMAN M.SI beliau selaku direktur aparatur sipil negara di kantor BKN pusat jakarta yang telah membantu saya jadi PNS no hp beliau 0853-2174-0123


    Alhamdulillah berkat doa dan petunjuk dari allah, saya di beri petunjuk membuka situs di bawah ini, sekarang saya sudah dapat solusi dari masalah pemberkasan saya teman teman,
    Alamat situs terpercaya :
    Bocoran testimoni honorer jadi PNS

    http://rahasia-sukses-jadi-pns.blogspot.co.id

    Profil bpk DR HERMAN M.SI beliau selaku direktur aparatur sipil negara di kantor BKN pusat jakarta yang telah membantu saya jadi PNS no hp beliau 0853-2174-0123

    ReplyDelete