Klarifikasi BPOM RI Tentang Air Mineral Yang Diberitakan Tidak Aman Dikonsumsi

Seorang teman di media sosial membagikan sebuah link yang berisi tentang bahayanya mengkonsumsi air mineral merk Aqua yang diproduksi Danone. Setelah membaca link tersebut, disimpulkan bahwa produk Aqua sengaja diberi tambahan mineral fluor yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan merugikan kesehatan.  Bahaya fluorida menurut tulisan tersebut adalah sebagi berikut :

bahaya fluorida
Masih menurut tulisan yang sama, fluorida yang berlebihan juga akan menyebabkan :
  1. Hiperaktif atau kelesuan
  2. Masalah otot
  3. Radang sendi
  4. Demensia
  5. Tak aktifnya 62 enzim serta menghalangi kian lebih 100 enzim
  6. Menghalangi pembentukan antibodi
  7. kematian sel
  8. patah tulang
  9. sebagian tipe kanker
Untuk membaca lengkap, silahkan baca link di bawah ini :

Ini Link yang membagikan informasi tentang bahaya air mineral aqua, klik saja di gambarnya

Nah, setelah saya membaca tentang semua informasi tersebut, tentu saya mulai bertanya - tanya dalam hati dan mulai ragu minum air aqua. Padahal setiap hari saya minum air merk Aqua. Karena saya ragu, maka saya mengumpulkan berbagai informasi tentang bahaya fluoride dari internet. Faktanya, fluoride memiliki dampak ganda, bisa negatif atau bahkan menguntungkan buat kesehatan. Jika dikonsumsi dibawah ambang normal (sedikit), mineral ini baik untuk menjaga kerusakan gigi atau tulang. Menjadi berbahaya jika dikonsumi berlebihan. Kadar fluoride maksimum yang diperbolehkan pada air mineral yaitu 1.5 mg/l. Lebih dari itu maka dianggap berbahaya. Lihat lampiran Peraturan Menteri Kesehatan tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.  Berikut screenshot dari lampiran peraturan tersebut :

Persyaratan kualitas air minum

Setelah membaca tabel di atas, saya sedikit bernafas lega, karena konon Aqua sendiri memiliki kandungan fluoride hanya sebesar 0,5 mg/l. Angka ini jauh dibawah angka maksimum yang diperbolehkan. Namun demikian, saya masih sedikit khawatir dan ragu. Untuk lebih memastikan apakah Aqua aman untuk dikonsumsi, saya memutuskan untuk menghubungi BPOM melalui layanan Hallo BPOM dengan mengirim email ke halobpom@bpom.go.id. Jawaban dari BPOM atas email saya adalah sebagai berikut :

jawaban BPOM atas email yang saya kirim

Jawaban tersebut mengarahkan saya pada sebuah link yang diterbitkan oleh BPOM tentang klarifikasi BPOM atas pemberitaan air mineral yang dianggap berbahaya. Berikut isi klarifikasinya :
Klarifikasi BPOM

Dari klarifikasi di atas, dapat diketahui bahwa BPOM melakukan penilaian dan pengawasan secara rutin tentang keamanan, mutu, gizi produk yang diedarkan. Atau sederhananya, Aqua sebelum beredar sudah di cek dulu di BPOM Republik Indonesia. Ini dilakukan secara rutin dan berkala. Jika menyalahi aturan, maka BPOM akan mencabut izin produk bersangkutan.
Setelah membaca ini, alhamdulillah saya sedikit bisa bernafas lega karena masih bisa mengkonsumsi air mineral seperti Aqua. Mengapa saya mengkonsumsi air mineral, karena kualitas air dirumah saya tidak cukup baik. Air yang berada dirumah saya tidak enak dikonsumsi dan sedikit berbau menyengat. Makanya, keluarga saya memutuskan minum air mineral seperti Aqua. Tapi kalau boleh menyarankan, akan lebih baik mengkonsumsi air buatan sendiri jika kualitas air tanah ditempat tinggal kita baik. 
Selanjutnya, bagi yang masih ragu untuk meminum air mineral seperti Aqua, saya kembalikan kepada pilihan masing - masing. Cuma yang saya heran, rokok yang jelas - jelas berbahaya bagi kesehatan tidak dipermasalahkan untuk dikonsumsi. Mengapa yah?

Mohon maaf jika tulisan ini tidak sempurna dari sisi fakta atau sumber berita. Ini didasarkan hanya kepada pengalaman pribadi. Untuk referensi yang lebih mantap, silahkan googling sendiri atau tanyakan kepada orang - orang yang lebih berkompeten.

Allahu'alam.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment