Tutorial Cara Membuat Blog Untuk Pemula

contoh halaman blog yang sudah jadi

Bagi mereka yang sudah lama mengenal internet pastilah tahu dengan istilah bloging. Dan bagi mereka, membuat blog bukanlah hal yang sulit. Tapi untuk sebagian lagi yang lain, mungkin masih agak kesulitan dalam membuat dan mengelola web log (blog) mereka sendiri. Tulisan ini sengaja dibuat untuk membantu para pemula yang ingin membuat blog. Tulisan ini sendiri dibuat oleh pemula berdasarkanpengalaman pribadi penulis, jadi jika masih kurang disana sini, mohon di maklum, atau mohon untuk dikoreksi.

Web log atau blog pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com. Blogger.com adalah salah satu layanan dari google berupa situs/website gratis. Selain google, saat ini banyak jenis blog gratisan yang lain mulai dari wordpress, 123website.co.id, wallinside dan lain sebagainya. Namun dalam tulisan ini, kita fokuskan saja pada fasilitas blog yang ditawarkan google. Silahkan kunjungi tautan blogger.com.

Mengenai alasan mengapa kita membuat blog, setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri mulai dari yang berorientasi profit, sekedar menyalurkan hobi menulis atau bisa juga untuk kepentingan pembelajaran mislanya. Apapun tujuannya, yang yang pasti dengan membuat blog kita bisa menuliskan apapun yang kita pikirkan menjadi lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri atau orang lain.

Baiklah, langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat blog gratisan milik google. Berikut langkah - langkahnya :

1. Pastikan telah memiliki email dari google
Silahkan kunjungi penyedia layanan blog, dengan alamat www.blogger.com

2. Saya yakin semua sudah mengenal email, dan saya beranggapan bahwa anda juga sudah memiliki email google yang dimaksud, jadi kita langsung saja ke langkah berikutnya.
Tampilan yang akan muncul akan seperti gambar dibawah ini :

3. Silahkan masuk menggunakan email google yang anda miliki. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian  klik tombol "Blog Baru"

4. Langkah berikutnya adalah konfirmasikan profil blog anda. Untuk sementara klik "Buat Profil Blogger Terbatas" seperti gambar dibawah ini :

5. Berikutnya adalah tulis judul blog (1) yang akan muncul di blogspot yang kamu miliki plus dengan alamat situs blogspot tersebut (2). Lihat gambar dibawah :

6. Setelah kamu mengklik "Buat Blog", maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Untuk mulai menulis diblog, klik "mulai mengeposkan"
 

7. Langkah berikutnya adalah menulis diblog, sebagai contoh lihat gambar dibawah ini!
 Keterangan gambar :
(1) judul tulisan
(2) isi tulisan yang akan tampil diblog
(3) tombol untuk menyisipkan gambar
(4) tombol untuk mempublikasikan (agar orang lain yang mengunjungi blog kamu dapat melihat tulisan kamu)

8. Setelah selesai membuat tulisan, klik "publikasikan", maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini!

Keterangan gambar :
(1) untuk melihat hasil tulisan padablog kamu
(2) tombol setingan agar tampilan blog lebih indah (jangan takut untuk dicoba-coba, temukan tema blog yang paling kamu sukai)

9. Langkah terakhir, lihat blog yang sudah dibuat dengan mengklik "lihat blog". Ini dia contoh hasil akhir blog yang tadi kita buat. Masih sangat sederhana, dan bisa kamu berkreasi seusai imajinasi anda.
 

Silahkan praktekan cara - cara di atas, sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat yah... kalau masih bingung, jangan sungkan bertanya ok!

Catatan : tutorial di atas menggunakan tampilan versi lama, namun untuk versi baru pada prinsipnya tidak akan berbeda