Hewan Terbesar di Dunia Yang Masih Ada Saat Ini

Dinosaurus (gambar cnnindonesia.com)

Jagoan Banten. Jika kita mengenal dinosaurus sebagai hewan terbesar di dunia, bisa saja itu benar adanya. Tapi faktanya dinosaurus telah lama punah. 

Lalu hewan apa yang menduduki posisi sebagai hewan paling besar di dunia saat ini?

Jika jawabannya adalah gajah, coba pikirkan lagi. Faktanya masih ada yang lebih besar dari gajah, semisal ular phyton atau Anaconda. Ataukah masih terdapat hewan yang lebih besar dari anaconda raksasa? 

Hewan yang terbesar dan masih ada hingga saat ini ternyata berasal dari laut. Iya, jawabannya adalah Paus (whale). Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang 30 meter dengan berat 170 ton atau sebesar tiga kali ukuran bus. Woww...sangat fantastis! 


Beberapa jenis paus


Dari beberapa jenis ikan paus, yang terbesar adalah jenis Paus Biru (Blue Whale). Untuk melihat perbandingan ukuran beberapa jenis paus, bisa dilihat pada gambar di atas. Sedangkan untuk perbandingan ukuran dengan hewan lainnya bisa dilihat digambar bawah ini. 

Perbandingan paus biru dengan hewan lain. Dinosaurus pun kalah

Selanjutnya, berikut beberapa penampakan Blue Whale yang pernah tertangkap oleh kamera : 


Paus biru

Paus biru (blue whale) yang sedang berenang di lautan lepas 

Perbandingan Blue Whale dengan kapal 


Induk paus biru dengan anaknya

Untuk melihat gambar yang lain, silahkan googling. 

Fakta Ikan Paus


Berikut beberapa fakta tentang ikan paus :

1. Habitat Ikan Paus

Ikan paus hidup di air dan menyukai perairan hangat. Ini yang menyebabkan mereka sering ditemui dipinggir pantai pada saat musim dingin.

2. Makanan Ikan Paus

Paus adalah mamalia yang sangat besar sehingga ia mampu makan dengan jumlah yang besar sertiap harinya. Makanan pokoknya adalah berupa copepods atau sejenis zooplankton yang berukuran sangat kecil. 

Zooplankton

3. Reproduksi Ikan Paus

Paus jantan menjadi dewasa pada usia 7 s.d 10 tahun. Sedangkan betinanya mencapai dewasa pada umur 5 s.d 7 tahun. Seekor paus betina biasanya memiliki banyak pejantan.

Pada musim kawin, paus pejantan akan bersaing mendapatkan cinta dari paus betina. Saat seekor paus berhasil mendekati betina tersebut, maka ia akan membuahi dan paus betina akan hamil dan melahirkan hanya seekor anak paus. Betina tersebut akan merawat bayi itu dengan penuh kehati-hatian.
Induk dan anak paus

4. Anatomi Ikan Paus

Ikan paus adalah seekor mamalia yang bernafas dengan menggunakan paru - paru. Secara keseluruhan memang ia seperti ikan. Tapi sebagai mamalia yang memiliki paru-paru, ia akan ke permukaan untuk bernafas. 

Anatomi ikan paus dirancang untuk memudahkannya dalam bergerak. Sirip depannya seperti dayung yang membantunya meluncur dengan sangat cepat.

5. Cara Berkomunikasi Ikan Paus

Paus memiliki cara yang menarik dalam berkomunikasi yang disebut echolocation. Mereka berkomunikasi menggunakan suara. Mereka mampu mendeteksi suara dengan jarak bermil - mil sehingga mereka dapat berkomunikasi meski dengan jarak yang jauh.

6. Jenis Ikan Paus

Terdapat beberapa jenis ikan paus yaitu : 

a. Blue Whale (Paus Biru)
Blue Whale Facts
Paus biru

Ini merupakan jenis paus yang memiliki ukuran paling besar. Ukuran paus ini mampu mencapai berat 190 ton. Paus ini biasanya hidup berkelompok. Ia akan naik ke permukaan setiap 20 menit untuk menghirup udara. 

Paus ini sanggup menghabiskan makanan sebanyak 8000 pound setiap harinya. Sedangkan anak paus ini mampu menghabiskan 100 s.d 150 gallon susu ibunya pada setiap harinya.

b. Gray Whale (Paus abu - abu)
http://www.whale-world.com/wp-content/uploads/gray-whale_624.jpg
Paus Abu - abu memiliki ukuran mencapai 50 kaki dengan berat 36 ton.  

c. Fin Whale (Paus Coklat)

Ukuran paus ini adalah 65 kaki dengan berat mencapai 73 ton. Ia merupakan  paus tercepat. Dalam sehari ia mampu menghabiskan makanan sebanyak 400 pound.

Paus ini tersebar di hampir diseluruh lautan yang ada di dunia. tempat favorit mereka di perairan tropis. Tapi anda juga dapat menemukan mereka di perairan yang berada di kutub.

d. Humback Whale

Ikan paus Humpback (Megaptera novaeangliae)  memiliki panjang 12-16 meter dengan berat sekitar 36 ton. Paus bungkuk ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda, dengan sirip dada sangat panjang dan kepala menonjol. Paus ini adalah hewan akrobatik, sering bermain dipermukaan air.

e. Minke Whale
Paus Minke

Paus ini memiliki ukuran panjang 35 kaki dengan berat 5.5 ton.  Paus ini lebih senang hidup menyendiri. Jenis paus ini tersebar di hampir seluruh perairan.

f. Narwhal Whale
Ciri khusus paus ini memiliki tanduk pada bagian moncong

g. Pilot Whale

Paus pilot

h. Right whale

i. Sperm Whale

j. Beluga Whale

k. Bowhead Whale 
Paus Bowhead

Demikian tulisan tentang hewan terbesar di dunia yang ada hingga saat ini. 

Semoga bermanfaat .